UTU Terbaik Kedua di Aceh, Dalam Pendanaan PKM 2021
  • UTU News
  • 06. 05. 2021
  • 0
  • 897

MEULABOH | UTU – Universitas Teuku Umar kembali monoreh prestasi nasional dalam Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang setiap tahunnya digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Dirjen Dikti Kemendibud Ristek RI).

Universitas Teuku Umar menjadi universitas terbaik kedua di Aceh dalam hal keberhasilan memperoleh Pendanaan PKM Tahun 2021. Adapun rinciannya adalah, posisi pertama diraih oleh Universitas Syiah Kuala dengan jumlah PKM yang didanai adalah (45 PKM), selanjutnya posisi kedua adalah UTU (9 PKM), posisi ketiga diraih oleh Universitas Al-Muslim (4 PKM), Posisi selanjutnya adalah Universitas Malikulsaleh, Universitas Samudera, Universitas Abulyatama, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia, STIKES Nurul Hasanah Kutacane, STKIP Bina Bnagsa Getsempena yang masing-masing memperoleh (1 PKM) yang didanai Dikti.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA menyampaikan bahwa Kreativitas adalah kata kunci dalam memenangkan persaingan masa sekarang dan masa depan. Karena itu UTU terus menggerakkan mahasiswa untuk berkreasi dan salah satunya adalah dengan mendorong mahasiswa UTU untuk memenangkan Pendanaan PKM yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek RI.

“Alhamdulillah, UTU meraih peringkat ke-2 terbanyak di Provinsi Aceh dalam hal memenangkan persaingan pendanaan PKM setelah Universitas Syiah Kuala,”pungkasnya.

Sementara itu Korpus PKM UTU, Yarmaliza, SKM.,M.Si mengatakan bahwa dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berorientasi masa depan merupakan salah tujuan dari sebuah perguruan tinggi. Untuk itu UTU terus melakukan pengembangan di bawah koordinantor pusat PKM UTU untuk menghasilkan karya-karya mahasiswa yang berdaya saing tinggi di kancah nasional. Kemendikbud Ristek telah memfasilitasi pendanaan proposal PKM dan Alhamdulillah UTU dapat meraih pendanaan sebanyak 9 proposal,”ungkapnya.

Untuk diketahui bahwa, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi. Pada awalnya, PKM memiliki lima sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I).

Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang merupakan kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa yang terjadwal secara akademik oleh perguruan tinggi dalam meningkatkan budaya kompetisi akademik dan unjuk prestasi di kalangan mahasiswa yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kesepakatan pimpinan perguruan tinggi yang disetujui oleh Dirjen Dikti.

Lainnya :