UTU Green Metric bersama UKM Green Agent (GA) Adakan sosialisasi Diet Sampah Plastik

MEULABOH-UTU | UTU Green Metric bersama UKM Green Agent (GA) mengadakan sosialisasi diet sampah plastik dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional 2022 (12/3)

UTU Green Metric dan UKM Green Agent (GA) Universitas Teuku Umar mengadakan sosialisasi mengenai pentingnya menerapkan diet sampah plastik untuk generasi muda, dengan tema"Sosialisasi diet sampah plastik dan pelatihan pembuatan Eco-brick". SMAN 2 Darul Makmur menjadi tujuan dalam memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai hal tersebut. Dihadiri oleh Arfah Husna selaku pembina Green Agent beserta jajaran turut ikut menghadiri sosialisasi yang bekerja sama dengan UTU Green Metric. Tak hanya itu, dalam sambutannya ia juga menyampaikan dimulai dari sendiri untuk menerapkan pengurangan dalam memakai sesuatu yang mengandung plastik.


" Kita harus menerapkan gaya hidup diet plastik atau mengurangi penggunaan plastik, karena sampah plastik 4000-5000 tahun kedepan belum musnah atau hancur. Maka dari itu, agar bumi kita terhindar dari hal tersebut, mari kita mengurangi penggunaan plastik tersebut. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi" ucapnya kepada siswa-siswi SMAN 2 Darul Makmur.

Tak hanya itu, acara tersebut mengadakan praktek langsung cara mengolah eco-brick yang disampaikan langsung oleh pemateri, Rahmat Al-Amin salah satu anggota UKM GA. Siswa-siswi juga dituntut untuk melakukan praktek langsung dari sampah plastik sekali pakai untuk membuat eco-brick dan akan dikreasikan menjadi kerajinan, seperti hiasan perabot rumah tangga dan bisa juga dijadikan bangku.


"Ketika teman-teman mengkonsumsi snack dengan berbungkus plastik, nah sampahnya bisa teman-teman kreasikan menjadi beda yang bermanfaat, dengan cara pembuatan eco-brick ini teman-teman bisa membuat kerajinan tangan, seperti bangku, meja dan lain-lain" tuturnya.
Setelah pelatihan pembuatan eco-brick dilakukan, panitia acara juga menggelar lomba pembuatan eco-brick yang paling kreatif dan kelompok yang beruntung diberi hadiah sebagai tanda penghargaan kepada siswa-siswi disekolah tersebut.

Didalam sosialisasi tersebut pemateri juga menyampaikan beberapa tatacara untuk melakukan diet sampah plastik, diantaranya membawa botol minum sendiri, membawa bekal makan sendiri dari rumah, kurangi memakai sedotan plastik, dan yang paling penting kurangi pemakaian yang mengandung plastik. (is)

Komentar :

Lainnya :