Tingkatkan Imunitas Tubuh, Dosen UTU Beri Pelatihan Pembuatan Biskuit Rumput Laut
  • UTU News
  • 16. 06. 2021
  • 0
  • 498

MEULABOH-UTU|Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar memberikan pelatihan pembuatan biskuit rumput laut berantioksidan tinggi kepada masyarakat Pesisir Lhok Bubon sebagai upaya meningkatkan imunitas tubuh pada masa Pandemi COVID-19.
Mohamad Gazali, S.Pi., M.Si selaku Tim Peneliti mengatakan bahwa hasil penelitian tentang senyawa bioaktif rumput laut yang berada di pesisir Lhok Bubon memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga berpotensi dapat mencegah penularan Virus Corona (Covid-19). Menurutnya, keanekaragaman hayati laut yang ada pesisir Barat Selatan Aceh sangat pesat. Namun belum dimanfaatkan secara berkelanjutan. Salah satu potensi keanekaragaman hayati adalah makroalga laut atau lebih dikenal dengan rumput laut.
Selain itu, Gazali yang juga merupakan salah satu dosen FPIK UTU menyampaikan bahwa program yang dicanangkan ini merupakan implementasi dari hasil penelitian yang sudah membuktikan potensi bioaktivitas rumput laut yang ada di pesisir Lhok Bubon melalui Skim Pengabdian Berbasis Riset (PBR) Pendanaan Tahun 2021. Ia mengatakan bahwa dalam pelaksanaan program kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut, masyarakat Lhok Bubon sangat antusias mengikuti program pelatihan. Dalam pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat melibatkan mitra pengabdian dan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HMIK).
Sementara itu, Cut Sri Wahyuni yang merupakan mitra pengabdian masyarakat mengharapkan agar keterampilan yang didapatkan melalui pelatihan ini dapat diaplikasikan oleh masyarakat. Beliau berharap FPIK Universitas Teuku Umar dapat melakukan pendampingan kepada kelompok masyarakat pesisir agar dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat pesisir Lhok Bubon.
Selanjutnya, Ir. H. Zuriat yang merupakan anggota tim peneliti bidang ekonomi Perikanan berharap semoga pelatihan tersebut memberikan dampak positif bagi masyarakat pesisir yakni meningkatkan nilai kesehatan melalui pemanfaatan produk rumput laut secara optimal yang dapat mencegah penularan virus Corona dan juga meningkatkan taraf ekonomi masyarakat pesisir.

 

 

Lainnya :