Perdana, Masjid Kampus UTU Selenggarakan Shalat Ied dan Sembelih Qurban
  • UTU News
  • 22. 07. 2021
  • 0
  • 310

MEULABOH - UTU | Untuk pertama kalinya sejak berdiri Masjid di komplek kampus Universitas Teuku Umar, Alue Penyareng, Meureubo, Aceh Barat. Selasa (20/7/21) diselenggarakan shalat Idul Adha 1443 H / 2021 M serta pelaksanaan penyembelihan hewan qurban.

Dalam pelaksanaan Shalat Ied yang juga turut dihadiri oleh Rektor UTU Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, para Wakil Rektor, Para kepala biro, dekan, dosen, alumni beserta para sivitas akademika dan masyarakat sekitar. Dalam penyelenggaraan Shalat, para jamaah diwajibkan memakai masker, melalui pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas, cuci tangan memakai sanitizer serta menjaga jarak.m

Dalam khutbah yang disampaikan oleh Tgk. Sulaiman Ali, ST., MT yang merupakan salah satu dosen dari Fakultas Teknik UTU yang juga Koordinator Pusat Pengembangan Pendidikan Agama Islam (P3AI) Universitas Teuku Umar, menekankan bahwa peristiwa Idul Qurban memberikan pelajaran tentang totalitas, ketaatan, keimanan dan keikhlasan keluarga Nabi Ibrahim AS dalam melaksanakan perintah Alloh SWT. “Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad SAW disebut-sebut dalam Al Qur’an yang merupakan contoh atau teladan sangat baik untuk diikuti”, paparnya.

Nabi Ibahim yang dianugerahi sebagai Bapaknya para Nabi, mencontohkan bagaimana membangun keluarga yang marhamah. Peristiwa Qurban juga sangat kental akan pelajaran hubungan yang sangat baik antara Bapak dengan Anak yakni Ismail AS. “Dalam perintah Allah melalui mimpinya, selanjutnya disampaikan kepada Ismail untuk mengetahui pendapatnya berkaitan dengan mimpinya tersebut. Jawaban yang luar biasa dan tidak diduga justru Ismail sangat pasrah dan tawakkal akan kebenaran perintah melalui mimpi tersebut.

Selanjutnya dalam menerima amanah proses ibadah penyembelihan hewan Qurban, dilaksanakan di area perkarangan Masjid Kampus yang berbentuk segi depapan tersebut. Penyembelihan tahun ini sebanyak 3 ekor Sapi dan 1 ekor Kambing. Demikian dijelaskan oleh Zulfirman, SE., M.Si sebagai Ketua Panitia Qurban.

“Pada tahun ini Universitas Teuku Umar menerima amanah menyembelih 3 ekor Sapi dan seekor kambing yang merupakan qurban dari pimpinan dan para sivitas akademika”, terang Zulfirman.

Selanjutnya bagian dari hewan qurban dibagi kepada masyarakat disekitar kampus dan para tenaga harian lepas. “Demikian halnya semua bagian dari hewan Qurban seperti kepala dan kulit juga sudah dibagikan kepada yang berhak”, imbuh Zulfirman.

Sementara itu, Rektor UTU Prof Dr Jasman J Ma’ruf, SE., MBA mengapresiasi pelaksanaan kegiatan shalat idul adha perdana di mesjid kampus ini, berlangsung dengan lancar.

"Alhamdulillah antusiasme para jamaah cukup tinggi pada pelaksanaan salat idul Adha perdana yang kita laksanakan di kampus tahun ini. Peserta salatnya terdiri mahasiswa, dosen, tendik juga ada warga sekitar kampus kita ini,” tutup Prof Jasman. (Aduwina Pakeh). 

Komentar :

Lainnya :