Jurusan Ilmu Kelautan FPIK UTU Hibahkan Touchless Hand Washer Kepada Masyarakat
  • UTU News
  • 23. 05. 2020
  • 0
  • 262

MEULABOH - UTU | Meski ditengah pendemic Covid-19, Dosen Jurusan Ilmu Kelautan FPIK Universitas Teuku Umar (UTU) aktif melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat selama 2 hari mulai dari 18-19 Mei 2020 di Kawasan pesisir Aceh Barat. “Tema pengabdian kali ini, ”Ilmu Kelautan FPIK-UTU Peduli masyarakat Pesisir Aceh Barat Bersama Melawan Corona, “ ujar Mohamad Gazali, M.Si, Ketua Jurusan Ilmu Kelautan FPIK-UTU.

Menurut Gazali, pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HMIK) sehingga pelibatan antara dosen dan mahasiswa memberikan respon positif bagi masyarakat pesisir Aceh Barat.

Gazali menyatakan, tujuan pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat pesisir khususnya nelayan karena mereka sangat membutuhkan perhatian khusus di tengah-tengah pandemic COVID 19.

Dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, “kami memberikan bantuan 1 unit Touchless Hand Washer (THW) yang diproduksi oleh Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar melalui IBT (marketing). Hal ini melihat kondisi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Gampong Kuala Bubon sangat ramai pembeli/pedagang ikan sehingga kemungkinan sangat rentan terkontaminasi COVID 19 apalagi tidak memakai masker.” Tambah Gazali.

Selain itu, kami juga melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di Gampong Suak Indrapuri Kecamatan Djohan Pahlawan tepatnya di Mesjid Babul Jannah. Dalam rangkaian kegiatan tersebut kami melakukan sosialiasi kepada masyarakat setempat terkait perilaku hidup bersih dan sehat di tengah-tengah pandemic COVID 19 sebagai bentuk tindakan preventif terhadap penyakit menular.

Dalam rangkaian kegiatan pengabdian itu juga diserahkan 1 unit Touchless Hand Washer (THW) yang diberikan secara simbolis oleh Ketua Jurusan Ilmu Kelautan kepada Sekretaris Desa Suak Indrapuri.

Keuchik yang diwakili oleh Sekdes mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Universitas Teuku Umar atas bantuan alat pencuci tangan praktis. Tersebut. Hal ini melihat bahwa Gampong Suak Indrapuri berdekatan dengan pantai sehingga banyak pengunjung yang rekreasi atau bertamasya selalu mengunjungi Mesjid Babul Jannah untuk melaksanakan sholat berjamaah.

Lebih Lanjut Mohamad Gazali, M.Si dalam kata pengantar menjelaskan Institusi Perguruan Tinggi memiliki ikhtikad baik kepada masyarakat pesisir dengan menyedekahkan Touchless Hand Washer yang bisa dimanfaatkan oleh khalayak umum sebagai amal jariyah. (***)

Komentar :

Lainnya :