Direktur Beasiswa LPDP Sosialisasikan Beasiswa LPDP di UTU
  • UTU News
  • 15. 04. 2021
  • 0
  • 624

MEULABOH | UTU – Dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan amanah dari pendiri bangsa yang tertuang dalam UUD 1945 alinea ke-4, Universitas Teuku Umar (UTU) melalui Pusat Karir dan Tracer Study melaksanakan kegiatan Sosialisasi Beasiswa LPDP Tahun 2021. Sosialisasi Beasiswa LPDP tersebut dilaksanakan secara daring melalui Aplikasi Zoom, Rabu 14/04/2021.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Ia sangat berbangga dan berterima kasih kepada Direktur Beasiswa LPDP Bapak Ir. Dwi Larso, MSIE.,Ph.D yang sudah memberikan sosialisasi yang penuh inspirasi serta informatif bagi civitas akademika UTU baik itu untuk dosen yang diharapkan bisa melanjutkan studi doktoral maupun untuk mahasiswa lulusan UTU untuk melanjutkan studi S-2 dengan beasiswa LPDP.

Prof. Jasman berharap kepada peserta agar dapat mengikuti kegiatan sosialisasi dengan serius agar nantinya bisa mendapatkan informasi penting langsung dari Direktur LPDP tentang persyaratan dan ketentuan untuk memperoleh beasiswa LPDP.

Sementara itu, Direktur Beasiswa LPDP, Ir. Dwi Larso, MSIE.,Ph.D diawal penyampaian materianya, Ia menyampaikan apresiasi dan ucapan ulang tahun kepada Universitas Teuku Umar yang sudah berumur 7 tahun pasca penegerian April 2014 silam.

“Apresisasi saya untuk UTU, Selamat Ulang Tahun Pengerian UTU ke-7. Menurut saya UTU punya kelebihan ya dengan adanya dosen-dosen muda, artinya Pak Rektor lebih mudah mengaturnya dari pada yang tua-tua. Saya dengar juga dari staf ahli presiden, gerakan dari UTU dahsyat hilirisasinya bukan main,”katanya dengan bangga.

Dwi yang juga tercatat aktif sebagai dosen di ITB itu mengatakan bahwa, Lembaga LPDP didirikan adalah dengan tujuan untuk melahirkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing global dalam rangka mewujudkan Indonesia emas pada tahun 2045 mendatang, dimana Indonesia pada tahun tersebut sudah berusia 1 abad.

“LPDP hadir untuk mendorong tujuan berbangsa dan bernegara yakni mencerdaskan anak bangsa melalui pendistribusian pendidikan bagi seluruh rakyat di Indonesia, baik itu dari Meulaboh ujung barat Indonesia maupun dari pelosok Indonesia manapun kami tidak peduli karena kami tidak melihat itu, yang kami lihat adalah emasnya, kecerdasannya untuk kita sekolahkan melalui LPDP,”katanya.

Ia juga mengatakan bahwa ketika menapatkan beasiswa LPDP untuk melanjutkan studi baik dalam negeri maupun luar negeri artinya mulai saat itu kita diberikan tanggung jawab lebih untuk belajar dengan sungguh-sunggih agar bisa menyelesaikan studi tepat waktu dan ketika lulus wajib untuk mendedikasikan diri serta mengabdi kepada negara.

Diakhir materinya Ia memberikan tips penting kepada para calon peserta pendaftar beasiswa LPDP yang menurutnya pembukaan pendaftarannya akan dibuka dalam waktu dekat ini. Ia memberikan tips agar sebaiknya para peserta calon pendaftar beasiswa agar kemudian sudah mengetahui dengan baik tujuan universitas yang akan dituju, dimana kampus yang dipilih adalah kampus yang masuk dalam list beasiswa LPDP.

“Tujuan kampus adik-adik adalah yang masuk dalam list LPDP, kemudian sudah memiliki Letter of Acceptance (LoA)-nya, menyiapkan diri untuk mengikuti tes kampuan dasar meliputi tes akademik, tes psikologi dan wawasan kebangsaan dan terakhir yang tidak kalah penting adalah kemapuan bahasa inggris yang cukup agar dapat dipersiapkan sedari dini mungkin,”jelasnya.

Kegiatan yang dipandu oleh moderator, Firman Parlindungan, Ph.D mendapatkan sambutan baik dari seluruh peserta yang mengikuti hal ini terlihat dari jumlah pertanyaan yang cukup banyak yang diajukan oleh para peserta melului kolom chat aplikasi zoom.

Sementara itu, Ketua Koordinator Pusat Karir dan Tracer Study UTU, Dedy Darmansyah, SP, M.Si mengatakan bahwa pelaksanaan sosialisasi ini bertujuan agar para peserta yang ingin melanjutkan pendidikannya melalui beasiswa LPDP agar dapat mempersiapkan diri dari sekarang. Ia mengatakan bahwa animo peserta yang mendaftar cukup tinggi, hal ini dikarenakan banyak para lulusan S-1 yang ingin melanjutkan studi S-2 dengan beasiswa. Ia juga menambahkan bahwa jumlah peserta yang mendaftar kegiatan ini adalah 427 orang sementara yang mengikuti via zoom adalah sebanyak 227 orang.

Komentar :

Lainnya :