11 Februari 2021, UTU Semarakkan Peringatan Wafatnya Teuku Umar ke-122
  • UTU News
  • 26. 01. 2021
  • 0
  • 509

MEULABOH - UTU | Dalam rangka mengenang Syahidnya Pahlawan Nasional Indonesia asal Meulaboh, Teuku Umar ke 122 (11 Februari 1899 - 11 Februari 2021), Universitas Teuku Umar akan menggelar berbagai event kompetisi dan peluncuran Hall of Fame Teuku Umar, tepat pada tanggal 11 Februari 2021 mendatang.

Lebih dari satu abad yang lalu, Teuku Umar syahid di Pantai Ujong Kalak, Meulaboh dalam upaya penyerangan ke garnisun Belanda. Teuku Umar mungkin salah satu putra terbaik yang dimiliki Tanoh Aceh yang punya karakter paripurna baik sebagai manusia, suami, maupun
pemimpin yang layak dijadikan inspirasi bagi generasi setelahnya.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengingat, merenungi, dan menghargai seluruh jasa yang telah ditinggalkan Teuku Umar. Untuk itu UTU menggelar empat event perlombaan dengan memperebutkan hadiah total 89 juta rupiah yaitu Lomba cipta-baca puisi, lomba cipta-baca prosa, lomba maskot UTU Awards dan Lomba catur Teuku Umar.

Selain sejumlah perlombaan, dalam rentang waktu yang sama UTU juga menyelenggarakan Expo/pameran kewirausahaan produk tenant dan mitra IBT, juga akan ada perekrutan tenant baru untuk dibina oleh IBT-UTU. Selain itu juga akan ada kegiatan yang dirangkai dengan penyampaian pesan-pesan inspiratif.

Puncaknya adalah peluncuran Hall of Fame Teuku Umar, gagasan ini merupakan bentuk penghargaan dan kebanggaan Kampus yang menobatkan nama Pahlawan Nasional ini sebagai upaya melestarikan sejarah dan mengenalkan Teuku Umar kepada publik.

Sejak Universitas Teuku Umar beralih status menjadi Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2014 lalu, beragam cara dan usaha telah dilakukan oleh kampus yang dipimpin oleh Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA ini untuk mengenalkan pemikiran dan berbagai hal yang berkaitan dengan Teuku Umar, diantaranya UTU telah melahirkan satu Mata Kuliah Umum Wajib bagi semua mahasiswa UTU, yaitu Kepemimpinan Teuku Umar.

Selain Mata Kuliah Umum Kepemimpinan Teuku Umar, UTU juga telah memperlombakan permainan Catur Teuku Umar, yaitu sebuah permainan tradisional di Aceh yang dapat dimainkan dengan bahan-bahan sederhana. Lomba Catur Teuku Umar (Cato Rimueng) ini sudah dilakukan sebanyak 6 kali sejak tahun 2016. Permainan Cato Rimueng adalah salah satu cara UTU mempromosikan nilai-nilai perjuangan dan sejarah Teuku Umar Johan Pahlawan.

Di peringatan Syahidnya Teuku Umar Tahun 2021 ini, Prof. Jasman kembali mencetuskan gagasan besar yaitu peluncuran Hall of Fame Teuku Umar. Hall of Fame ini berada di satu sudut gedung kuliah terintegrasi yang baru selesai dibangun tahun 2020. Disana nantinya akan dipajang segala sesuatu yang berhubungan dengan Teuku Umar, baik peninggalan dalam bentuk fisik maupun dalam bentuk narasi dan foto.

Hall of Fame ini akan dibuka untuk umum, sebagai wahana bagi masyarakat sebagai media untuk mengenal sejarah dan kepribadian Teuku Umar lebih dekat. Musium mini ini akan dilengkapi dengan berbagai barang peninggalan Teuku Umar. (Aduwina Pakeh).

Komentar :

Lainnya :