• Green Metric
  • 15. 11. 2019
  • 166

Water Conservation – Rain Water Reservoir in the roof of building

Rainwater Tank

Kolam tampungan air hujan

Beberapa kolam tampungan air hujan

Lubang Biopori

Pembuatan Lubang Biopori

Description:

 

Universitas Teuku Umar sudah melakukan implementasi program konservasi air melalui pemanenan air hujan (Rainfall harvesting) . Beberapa pelaksanaan konservasi air yang dilaksanakan di UTU yaitu dengan cara menampung air hujan pada tempat penampungan air seperti bak yang terbuat dari beton dan water roof tank dan juga kolam-kolam penampungan air.

  1. Pada seluruh atap bangunan terdapat tampungan yang menampung air hujan dan air tersebut dialirkan melalui sistem pemipaan ke toilet dan penyiraman taman di sekitar bangunan.
  2. Pada halaman bangunan juga terdapat beberapa kolam tampungan dengan lebar 7x15 meter untuk kebutuhan menyiram tanaman di kampus.
  3. Untuk meningkatkan infiltrasi dan mengurangi limpasan air hujan juga dibuat biopori. Di Kmapus UTU sudah terdapat 50 lubang biopri. Dan ke depannya akan ditambah lagi
  4. Pada UTU Farm dibuat tampungan air hujan untuk memenuhhi kebutuhan di rumah kompos dan pengaliran air untuk kebutuhan di keun pisang melalui sistem pipa dan sprinkler.
  5. Pada gedungkuliah terintegrasi air hujan yang jatuh di atas atap akan mengalir ke talang . Kemudian dari talang tersebut akan dialirkan ke ground water tank. Air ini digunakan untuk kebuuthan air taman kampus.
  6. Pada desain master plan UTU juga terdapat desain embung untuk konservasi air. Yang direncanakan dibuat pada tahun depan