• Green Metric
  • 14. 11. 2019
  • 226

 

 Campus Setting of Teuku Umar University – Suburban (Meulaboh, Aceh, Indonesia)

Kampus UTU terletak di daerah pinggiran kota yaitu Kota Meulaboh. Meulaboh adalah ibukota dari Kabupaten Aceh Barat yang memiliki jumlah penduduk Kota Meulaboh 193.478 jiwa. Kabupaten Aceh Barat merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Aceh. Meskipun UTU terletak di daerah pinggiran kota, namun kampus UTU memiliki tutupan hutan yang tinggi. Hal ini dikarenakan, kampus UTU direncanakan memiliki taman kampus dan hutan kampus mandiri. Artinya UTU tetap mempertahankan sebagai kampus dengan konsep green campus.

Saat ini, telah terdapat UTU Farm yang berfungsi sebagai tempat pengembangan Pertanian serta tempat pengolahan sampah organik menjadi kompos atau rumah kompos. Pada UTU Farm didalamnya terdapat kebun pisang dengan 1000 macam jenis, kebun durian, tin, kurma, dan pohon-pohon lainnya. Pada UTU Farm juga terdapat Sawah yang memiliki konsep Mina Padi.

More info https://ristekdikti.go.id/kabar/utu-menjadi-pusat-riset-pohon-pisang-dunia/.

http://awards.utu.ac.id/posts/read/utu-gelar-panen-perdana-padi-varietas-hibrida-suppadi-89.

http://utu.ac.id/posts/read/pisang-brazil-di-lahan-university-farm-universitas-teuku-umar

Berikut ditampilkan masterplan kampus UTU.

 

 Master Plan Universitas Teuku Umar dan gedung Biro Rektorat

UTU juga memiliki sarana prasarana Pustaka, Mesjid, tempat olahraga seperti lapangan basket, lapangan Voly, spot wifi, dan kantin. Pada tahun 2019, Kampus UTU mendapat dana hibah dari Kemenristekdikti melalui dana SBSN untuk membangun Gedung Kuliah U2 Terintegrasi. Pembangunan gedung baru ini akan selesai pada awal Desember 2019.

 

Ruang WIFI UTU dan Mesjid Universitas

Kampus UTU terdiri dari 18 Prodi, yakni Prodi Kesehatan Masyarakat, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Industri, Agribisnis, Agroekoteknologi, Teknologi Hasil Pertanian, Perikanan, Akuakultur, Sumber Daya Akuatik, Ilmu Kelautan, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Administrasi Negara, Sosiologi, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Hukum